Krakatoa

KraKatoa atau sering kita sebut krakatau adalah gunung berapi yang dulu terdapat di pulau rakata tepatnya di selat sunda yang terletak antara jawa dan sumatra, indonesia tentunya.
gunung krakatoa adalah sebuah gunung yang sangat aktif pada masa itu, 4 bulan krakatoa menunjukkan tanda-tanda akan erupsi, dan pada pagi hari tanggal 27 agustus 1883 krakatoa mengeluarkan semua uneg-unegnya alias meletus.
Lebih dari 36.000 jiwa menjadi korban letusan gunung tersebut karena kurangnya pengetahuan akan tanda-tanda erupsi. Kebanyakan korban dikarenakan oleh Tsunami yang ditimbulkan oleh letusan tersebut.
Letusan krakatoa menimbulkan gelombang Tsunami yang sangat besar setinggi 12 tingkat bangunan, bisa bayangin g tuh ombak sebesar itu! lebih dari 40 meter bro. Letusan yang maha dahsyat tersebut juga menimbulkan suara terkeras yang pernah tercatat dalam sejarah umat manusia sampai saat ini. Bayangkan saja dari selat sunda suara letusanya terdengar sampai lebih dari 4500 km. yang berarti suaranya terdengar sampai australia negara tetangga kita yang banyak kangurunya, jepang dan juga sampai di filipina.

Lokasi Krakatoa

Lokasi Krakatoa

Letusan Krakatoa

Letusan Krakatoa

Setelah letusan dari krakatoa sebagian besar asia diselimuti awan gelap asap hasil dari erupsi krakatoa selama 5 hari. Kita tidak akan bisa membedakan antara siang dan malam pada waktu itu.

map_indonesia_volcanoes

map_indonesia_volcanoes

Negara kita adalah negara yang banyak sekali terdapat gunung berapi yang sebagian besar masih aktif krakatoa hanya salah satu gunung berapi yang terdapat di indonesia.

Anak krakatoa

Anak krakatoa

kita sebagai orang indonesia seharusnya harus bersyukur karena dengan banyaknya gunung berapi tanah kita menjadi subur, tinggal bagaimana kita mengelolanya saja.
Sekarang krakatoa tinggal kenangan yang masih menjadi trauma bagi manusia di seluruh bumi ini.
Krakatoa sudah meletus dan meninggalkan kenangan yang mengerikan bagi manusia, sampai sekarang aja krakatoa masih membayangi kita dengan kengerianya dengan munculnya anak gunung yang diberi nama Anak Krakatoa.
Gunung yang muncul di bekas krakatoa tersebut semakin besar dan bertambah besar setiap harinya, dan sangat aktif sampai sekarang.
Moga saja kejadian letusan krakatoa tidak kita alami lagi ya…..
mbayangin aja udah takut apalagi mengalaminya…….hiiii….ampun…

~ oleh javakepel pada Juli 21, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: